Pengertian Kolase dan Langkah Membuatnya

Kolase adalah kreasi atau karya seni dua dimensi yang dibuat dengan cara menggabungkan atau menempel potongan, pecahan, atau kepingan bahan pada sebuah gambar sehingga menghasilkan bentuk yang baru.

Dikutip dari buku "Boneka Kolase - Kreasi Boneka dari Kertas" oleh Revi Devi Paat, kata " kolase " berasal dari bahasa Prancis coller yang berarti mengelem.



Membuat karya seni kolase dituntut untuk memiliki kreativitas dan ide yang lebih sulit dibanding dengan pembuatan karya seni rupa yang lain, karena harus menemukan bahan yang khusus dan cocok untuk membuat kolase.


Kemudian bagaimana cara memadukan antara bahan yang satu dengan bahan yang lainnya.


Beragam bahan dapat digunakan membuat kolase misalnya kertas halaman majalah atau koran, pita, potongan kain, foto. Namun bahan yang paling sering digunakan adalah potongan kertas.

Pengertian Kolase dan Langkah Membuatnya

Nah, detikers penasaran kan bagaimana cara membuat kumpulan barang-barang bekas bisa menjadi sebuah karya seni yang baru? Berikut alat dan bahan, serta teknik membuat kolase.


Alat dan Bahan Membuat Kolase

Secara umum peralatan utama yang dibutuhkan adalah:

1. Alat potong: pisau, gunting, cutter, gergaji, tang dan sebagainya.

2. Bahan perekat: lem kertas, perekat vinyl, lem putih/PVC, lem plastik, jarum dan benang jahit, serta jenis perekat lainnya (disesuaikan dengan jenis bahan).


Karya kolase dapat dibuat dengan teknik yang bervariasi. Teknik pembuatan kolase, antara lain:

1. Teknik sobek

2. Teknik gunting

3. Teknik potong

4. Teknik rakit

5. Teknik rekat

6. Teknik jahit

7. Teknik ikat


Berbagai metode juga turut dikombinasikan dengan beberapa teknik di atas, seperti:

1. Tumpang tindih/ saling tutup (overlapping).

2. Repetisi/ pengulangan (repetition).

3. Penataan ruang (spatial arrangement).

4. Komposisi/ kombinasi beragam jenis tekstur dari berbagai material.


Unsur-unsur seni kolase adalah :

Titik adalah unsur terkecil yang tidak memiliki ukuran panjang dan lebar. Unsur titik dapat diwujudkan dari butir-butir pasir laut.

Garis adalah kumpulan dari beberapa titik dan dapat diwujudkan dari potongan kawat, lidi, batang korek dan benang

Bidang adalah pertemuan dari beberapa garis

Warna adalah unsur yang dapat diwujudkan dari cat, pita, kertas warna dan kain warna-warni

Langkah-langkah membuat kolase

1. Pikirkan konsep kolase


Sebelum membuat kolase, Anda perlu memikirkan konsep kolase yang akan dibuat. Anda dapat membuat kolase dengan foto, stiker, kain, biji-bijian dan masih banyak benda lainnya. Sebaiknya benda-benda ini berbeda agar terlihat lebih menarik.


2. Pilih latar yang tepat


Mulai mencari dan memilih latar yang tepat. Kolase adalah beberapa benda yang ditempelkan pada latar. Jadi usahakan bahan latar sesuai dengan benda-benda yang akan kamu tempelkan pada latar.


3. Siapkan bahan dan alat untuk membuat kolase


Setelah menentukan konsep dan latar, selanjutnya adalah menyiapkan bahan dan alat untuk membuat kolase. Mulai mengumpulkan benda-benda yang akan ditempelkan pada latar.


4. Mulai buat kolase


Setelah bahan dan alat untuk membuat kolase terkumpul. Mulai membuat kolase dengan memotong latar dengan rapi sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Setelah itu, menempelkan benda-benda. Kemudian susunlah kreasi sesuai yang kamu konsepkan.


5. Biarkan kolase mengering


Jika telah selesai menempelkan seluruh benda pada latar, langkah selanjutnya adalah membiarkan kolase mengering. Usahakan jangan terus-menerus menyentuh kolase saat lem masih basah. Hal ini supaya membuat kolase tetap sesuai dengan kreasi awal dan tidak menggeser benda-benda yang telah ditempel pada latar.


Demikianlah pembahasan mengenai pengertian kolase dan cara membuatnya. Semoga bisa menjadi referensi dan membantu proses belajar kamu .


Komentar

  1. Thank you for nice information. Please visit our web:
    www.uhamka.ac.id

    Irfan
    Irfan

    BalasHapus
  2. This reads like a good article! Here are some information about
    AUDI A7 body kit

    BalasHapus
  3. Nice post thanks for sharing with us.. just visit our website if user's facing some problem..
    Yahoo Email Not Working Today
    SBCGlobal.net Email Mobile Login

    BalasHapus
  4. klmangaais your sanctuary for the captivating world of books. Enter a world of limitless imagination, where words create complex tapestry of feeling, adventure, and wisdom. Whether you're a voracious reader looking for your next literary adventure, a curious thinker ready to broaden your knowledge, or a bibliophile trying to connect with other book lovers, this site is for you.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini